Apple dan Produknya: Mac, iPod, iTunes, iPhone, dll


APPLE memulai produknya berupa perangkat keras, tapi kemudian merambah perangkat lunak. Pada perangkat keras, Apple memperkenalkan keluarga Apple Macintosh pada 1984 dan kini membuat komputer konsumen, profesional, dan pendidikan. Mac mini adalah komputer konsumen subdesktop, yang diperkenalkan pada Januari 2005 dan dirancang untuk memotivasi para pengguna Windows agar pindah ke komputer Mac. iMac adalah komputer desktop konsumen yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada 1998, dan popularitasnya membantu mengembalikan keberuntungan perusahaan ini. iMac mirip konsepnya dengan Macintosh yang asli dalam hal monitor dan komputernya berada dalam unit tunggal.

Apple menjual tiga lini komputer portabel: MacBook yang mencakup produk dengan layar selebar 13 inci, dan tersedia dalam variasi putih dan hitam, MacBook Air, notebook sangat tipis dan ringan dengan layar 13,3 inci, dan MacBook Pro, komputer portabel profesional sebagai alternatif bagi MacBook. MacBook Pro dipasarkan untuk pengguna profesional dan kreatif, dan menawarkan konfigurasi display 15-inci dan 17-inci.

produk apel

Pada 23 Oktober 2001, Apple memperkenalkan digital music player iPod. Produk ini mula-mula dilengkapi dengan hard drive 5 GB dan layar monokrom, tapi sekarang hard drivenya sampai 160 GB dan bisa mendisplay video, game, dan lain-lain. Pada September 2007, Apple menjual empat varian iPod: iPod shuffle, iPod nano, iPod classic, dan iPod touch. iPod merupakan produk portable music player terkemuka dalam pemasaran dengan margin yang signifikan, yaitu lebih dari 100 juta unit telah terjual sampai 9 April 2007. Apple bermitra dengan Nike untuk memperkenalkan Nike+iPod Sports Kit yang memungkinkan para pelari menyelaraskan dan memonitor lari mereka dengan iTunes dan situs web Nike+.

Pada Macworld Conference & Expo bulan Januari 2007, Steve Jobs mengatakan akan meluncurkan produk yang sudah lama ditunggu, iPhone, sebuah penyatuan antara telepon pintar (smart phone) yang bisa mengakses Internet dan video iPod. iPhone pertama kali tersedia pada 29 Juni 2007.

Dalam perangkat lunak, Apple mengembangkan sendiri sistern operasinya untuk menjalankan seri komputer Mac, yakni Mac OS X, yang versi terakhirnya adalah Mac OS X v10.5 Leopard (26 Oktober 2007). Sebagian besar perangkat lunak Apple dikembangkan satu paket dengan komputernya. Contohnya adalah paket perangkat lunak iLife untuk konsumen yang disatupaketkan dengan iDVD, iMovie, iPhoto, iTunes, GarageBand, dan iWeb.

Apple juga menawarkan sederetan perangkat lunak profesional, termasuk sistem operasi Mac OS X Server; Apple Remote Desktop, sebuah aplikasi manajemen sistem jarak jauh; WebObjects, server aplikasi Java Web; dan Xsan, sebuah sistem file Storage Area Network. Untuk pasar kreatif profesional, ada Aperture untuk pemrosesan foto format RAW profesional; Final Cut Studio, satu set produksi video; Logic, sebuah kotak peralatan (toolkit) musik komprehensif; dan Shake, sebuah program komposisi efek tingkat lanjut.

Sumber: Steve Jobs Oleh Hermawan Aksan

One thought on “Apple dan Produknya: Mac, iPod, iTunes, iPhone, dll

  1. Ping-balik: Preorder iPhone 5 capai 1 juta dalam 24 jam! | Freedom Of Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s