Tokek dan Kadal bisa Punah akibat pemanasan Global


Makhluk Berdarah dingin,tokek dan kadal, yang juga butuh sinar matahari untuk kehidupannya mungkin akan tampak seperti binatang terakhir yang Anda harapkan akan terancam oleh pemanasan global (global warming). Namun hewan ini akan punah di banyak tempat, dan para ilmuwan telah mempelajarinya karena peningkatan suhu. Suhu cuaca yang memanas mempengaruhi reproduksi mereka. Apalagi binatang kadal dan tokek banyak diburu untuk kepentingan pengobatan HIV/AIDS yang semakin menambah memperburuk ekologi.

“Hasilnya jelas kadal ini perlu berjemur di matahari untuk pemanasan,. Tapi kalau terlalu panas mereka harus mundur ke tempat teduh, dan maka mereka tidak dapat berburu untuk makanan,” kata ahli ekologi Barry Sinervo Universitas California, Santa Cruz. Dia mengatakan dia “terkejut dan sedih” dengan mencari, melaporkan dalam jurnal Science.

“Ini adalah tanda kepunahan untuk semua bidang dunia dan untuk semua berbagai spesies kadal,” kata Sinervo.

Kadal adalah bagian penting dari rantai makanan karena mereka adalah konsumen utama dari serangga dan pada gilirannya dimakan oleh burung-burung, ular dan hewan lainnya.

Situs Jack, seorang profesor biologi di Universitas Brigham Young, mengatakan suhu tinggi selama siklus reproduksi mencegah binatang makan dari cukup untuk memiliki energi yang digunakan untuk mendukung pembuahan.

“Panas tidak membunuh mereka. Mereka hanya tidak mereproduksi,” katanya. (AP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s