DEMONSTRASI ANTI HELM


31 Oktober-2 November 1987

Ujung Pandang (sekarang Makassar), Masih Sulawesi Selatan

Terkadang orang melakukan demo untuk alasan yang nggak penting seperti yang satu ini: menentang pemberlakuan wajib helm. Padahal, pemakaian helm sangat diperlukan untuk keamanan pengendara motor sendiri, maka agak sulit dimengerti mengapa masyarakat Ujung Pandang kala itu menolaknya. Hari Sabtu 31 Oktober, di sejumlah kampus berkumpul massa, baik mahasiswa maupun anak-anak muda lainnya, termasuk anak sekolahan. Mereka berteriak-teriak agar pemberlakuan wajib helm dihapuskan. Mereka berpawai melewati jalan-jalan meuju ke kampus IKIP (sekarang UNM, Universitas Negeri Makassar) dan di sepanjang perjalanan mereka menghentikan para pengendara motor yang mengenakan helm, merampas helmnya dan membantingnya sampai pecah berantakan atau dibakar. Sampai di kawasan IKIP, massa jumlahnya mencapai ribuan. Kerusuhan bertambah luas. Polisi yang sudah kewalahan akhirnya dibantu tentara untuk menghalau massa. Para ulama pun turun tangan menenangkan masyarakat dan situasi akhirnya pulih beberapa hari kemudian. Hasilnya tiga orang tewas, puluhan luka-luka, ratusa helm hancur lebur, motor? saya tidak tau. Liat aja gambar dibawah.

One thought on “DEMONSTRASI ANTI HELM

  1. busyet dah ada2 aja nih berita…
    saya heran, bukankah helm itu berfungsi untuk menyelamatkan/mengurangi resiko dari kecelakaan yang menimpa diri sendiri kan ?
    aneh, kok malah ribut2 pengen celaka.
    saya ngeri sekali masalah helm ini, udah ada beberapa kawan saya meninggal dunia akibat kecelakaan lantas pake sepeda motor. gara2nya helm, mereka sih udah pake helm, tapi kurang safety. helm pecah bersama kepalanya juga. ada diantaranya yang selamat dari maut, namun mengakibatkan efek yang panjang misalnya amnesia, dan keluhan syaraf lainnya.
    perlu diingat oleh kita juga, bahwa helm safety (full face) aja masih beresiko tinggi, masih bisa pecah, apalagi helm yg abal2, apalagi gak pake helm sama sekali.
    pertanyaan saya, apa alasan logisnya kok orang2 di atas ribut demo gak pengen pake helm ? harga helm kah? atau ribet pake helm ? atau biar wajah bisa kelihatan jelas saat menaiki sepeda motor kebanggaan ?
    betapa segitu murah kah nyawa diri ini ?

    hehe.. sorry bro once, saya kebanyakan ngetik comment nya, abis geli sih denger berita ini.
    thx 4 the info, bro 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s